Bahaya Tidur Dekat Smartphone. Saatnya Stop!

Bahaya Tidur Dekat Smartphone. Saatnya Stop!

Smartphone sepertinya sekarang sudah menjadi hal penting bagi sebagian masyarakat. Apapun bisa dilakukan lewat smartphone. Berkirim pesan, main game, hingga keperluan bisnis pun bisa dilakukan melalui ponsel pintar ini.

Namun, seiring kemudahan transaksi melalui smartphone, tidak jarang orang-orang ga bisa lepas dari benda ajaib satu ini Bos. Ke manapun harus selalu bawa handphone. Makan, ke ke toilet, hingga tidur pun smartphone selalu berada dalam jangkauan. Buat Bos yang sampai saat ini suka tidur dekat smartphone, saatnya kebiasaan buruk ini dihentikan. Karena ternyata, banyak banget bahaya yang ditimbulkan jika kita tidur berdekatan dengan smartphone.

Bahaya Tidur Dekat Smartphone

Meletakkan smartphone di samping kepala saat kita tidur atau bahkan di bawah bantal bisa membahayakan keselamatan kita Bos. Ponsel yang kita gunakan sehari-hari mengeluarkan pancaran radiasi yang tinggi yang bisa mengganggu kesehatan. Biar makin jelas, ini Bos paparkan bahaya yang mengintai jika tidur dekat smartphone.

 

1. Mengganggu Kualitas Tidur
Bos sadar tidak jika tidur jadi tidak nyenyak karena meletakkan smartphone tepat di samping ketika tidur. Hal ini dikarenakan ponsel mengeluarkan radiasi elektromagnetik. Efek dari paparan radiasi ini dapat mempengaruhi kualitas tidur sehingga aliran darah menuju otot menjadi tidak maksimal.

Tidak hanya radiasi elektromagnetik, TV dan ponsel juga menghasilkan cahaya biru. Cahaya biru ini menghambat produksi hormon melatonin yang berfungsi mengatur tidur dan mengganggu ritme sirkadian (jam biologis tubuh). Cahaya biru memancarkan gelombang panjang seperti pada siang hari, sehingga membuat tubuh berpikir jika masih siang padahal nyatanya sudah malam.

Selain itu tidur dekat dengan ponsel membuat kita secara tidak sadar akan selalu memainkan ponsel sebelum tidur. Kita juga akan selalu terjaga ketika ada pesan maupun panggilan masuk Bos. Makanya ketika Bos bangun di pagi hari, Bos akan merasa lelah dan kurang fokus karena tidur tidak nyenyak.

Wah kalau sudah seperti ini, tidak hanya mengganggu kualitas tidur namun juga mengganggu metabolisme dalam tubuh Bos. Sistem metabolisme dalam tubuh kita akan aktif saat kita sedang beristirahat atau tidur. Kalau pola tidur kita sudah terganggu, maka metabolisme pun juga ikut-ikutan terganggu. Alhasil ini akan mempengaruhi proses pencernaan dan proses detoksifikasi racun  di dalam tubuh. Gawat kan Bos? Makanya saatnya jauhkan ponsel dari kasur.

 

2. Bisa Meledak dan Terbakar
Sudah banyak kasus handphone yang meledak dan terbakar disiarkan di berbagai media massa. Tapi masyarakat sepertinya tidak jera ya Bos. Padahal bahaya banget mengisi daya baterai dan dibiarkan semalaman. Hal ini akan menyebabkan ponsel mengalami panas berlebih dan terjadi korsleting. Ujung-ujungnya ponsel bisa meledak dan terbakar, Bos. Apalagi jika selagi dicharge ponsel diletakkan di bawah bantal. Jangan lagi seperti ini ya Bos. Selain mengancam keselamatan sendiri, hal ini juga ikut mengancam keselamatan orang-orang di sekitar.

 

3. Mengganggu Sel Otak
Radiasi yang dihasilkan ponsel dapat mempengaruhi susunan saraf manusia sehingga dapat memicu kanker dan tumor otak. Biasanya tumor otak akan muncul pada orang dewasa di usia produktif, namun tumor ini juga bisa menyerang anak-anak di usia muda. Radiasi dari smartphone mempengaruhi terbentuknya neoplasma dari proses regenerasi sel yang tidak sempurna. Kanker juga hampir sama dengan tumor otak, Bos. Radiasi smartphone bisa mempengaruhi proses pembelahan sel-sel di dalam tubuh menjadi rusak, sekaligus menyebabkan kerusakan pada sel-sel otak, Bos. Sel abnormal di dalam tubuh kemudian menyerang jaringan paling dekat yang bersentuhan langsung dengan ponsel. Makanya sebisa mungkin jangan ketergantungan menggunakan smartphone. Kalau sudah setiap waktu menggunakan ponsel, ketika malam saatnya jauhkan ponsel dari jangkauan ya Bos.

 

4. Menyebabkan Keguguran Bagi Ibu Hamil
Untuk ibu-ibu yang sedang hamil muda, baiknya kurangi pemakaian smartphone. Radiasi yang dihasilkan dari smartphone dapat mengganggu janin hingga memicu terjadinya keguguran. Bagi calon mamah muda, meskipun sedang menjalankan peluang usaha untuk ibu rumah tangga dengan memanfaatkan ponsel, bukan berarti mengabaikan keselamatan diri sendiri dan si buah hati.

 

5. Menyebabkan Penyakit Alzheimer
Alzheimer merupakan penyakit yang tidak menular namun dapat menyerang orang tua. Meski begitu, tidur dekat smartphone dapat beresiko tinggi menyebabkan penyakit alzheimer di usia muda. Karena sudah banyak yang pasang WiFi, banyak anak muda yang lalai dan selalu menyempatkan main ponsel saat akan tidur. Nah, kurang-kurangi kebiasaan buruk ini ya Bos.

 

6. Menurunkan Kualitas Sperma
Bagi wanita radiasi yang dihasilkan ponsel dapat menyebabkan keguguran, radiasi yang dihasilkan ponsel juga bahaya bagi laki-laki yaitu dapat menurunkan kualitas sperma. Hal ini dapat mempengaruhi tingkat kesuburan pria. Radiasi dari smartphone bisa menyebabkan produksi hormon reproduksi menjadi terganggu.

 

Ternyata bahaya tidur dekat ponsel banyak banget Bos.  Meskipun smartphone sangat berperan penting di kehidupan, apalagi yang menjalani bisnis lewat ponsel seperti bisnis jual voucher, tapi Bos harus ingat untuk mengurangi durasi pemakaian handphone. Terlebih jika sudah waktunya untuk istirahat di malam hari.

Share and like us:

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.