7 Cara Jadi Mahasiswa Produktif Dengan Penghasilan Sendiri

7 Cara Jadi Mahasiswa Produktif Dengan Penghasilan Sendiri

Jadi mahasiswa merupakan saat-saat di mana kita bisa menggali ilmu sekaligus mengeksplor semua kemampuan yang kita miliki Bos. Siapa dulu saat masih jadi mahasiswa jadwalnya dipenuhi dengan rapat organisasi. Atau sibuk jadi asisten dosen. Atau malah sibuk merintis usaha?

Merintis usaha pada saat masih berstatus mahasiswa bukanlah hal yang aneh lagi Bos. Sekarang banyak kok mahasiswa yang sukses dengan usaha nya dan memiliki penghasilan sendiri. Jadi mereka tidak perlu lagi malu meminta uang jajan tambahan pada orang tua.

Tapi Bos tahu tidak, membuka usaha pada saat masih mahasiswa itu bukanlah perkara gampang. Meskipun saat ini banyak sekali peluang usaha untuk mahasiswa, tapi ada saja yang ragu untuk memulainya. Ingin punya penghasilan sendiri dan ga perlu minta orang tua, tapi masih takut untuk memulai? Nih Bang Bos kasih tips biar Bos tetap bisa jadi mahasiswa produktif sambil merintis usaha.

 

Tumbuhkan Jiwa Bisnis
Jangan takut memulai usaha meski masih berstatus mahasiswa Bos. Jangan bilang kalau Bos tidak memiliki jiwa entrepreneurship, karena pada dasarnya, jiwa bisnis itu bisa ditumbuhkan sendiri loh Bos. Apalagi sekarang hampir di semua jurusan terdapat mata kuliah kewirausahaan. Hal ini bertujuan untuk memberi pengalaman dan ilmu berwirausaha untuk para mahasiswa Bos. Selain itu, Bos juga bisa rajin-rajin ikut seminar maupun workshop mengenai kewirausahaan. Bos juga mulai latih jiwa bisnis Bos dari hal-hal kecil seperti jual pulsa online. Selain Bos sendiri memerlukan pulsa, teman-teman kampus pun bakal banyak mengandalkan kehadiran Bos yang notabene berjualan pulsa. Seenggaknya keuntungan jual pulsa bisa jadi modal buat beli kuota internet. Apalagi sekarang sudah ada BOSQU yang menjadi supplier pulsa all operator.

 

Tentukan Peluang Usaha
Beriringan dengan menumbuhkan jiwa bisnis, Bos harus menentukan peluang usaha apa yang bisa Bos lakukan dengan status mahasiswa. Ada banyak banget peluang usaha kecil menengah yang bisa Bos jalankan. Misalnya selain sibuk kuliah, Bos juga hobi main game. Nah Bos bisa mulai dari hobi ini untuk menciptakan peluang usaha baru. Bos bisa bisnis voucher game online. Apalagi sekarang peminat game online semakin banyak, pasti kebutuhan akan voucher game juga meningkat. Dengan jual voucher game, Bos bisa menjalankan bisnis tanpa takut rugi. Kenapa harus rugi, toh nanti voucher game nya bisa Bos gunakan lagi untuk main game. Gimana? Itu baru satu contoh ide peluang usaha modal kecil yang bisa Bos laksanakan diantara puluhan peluang usaha lainnya.

 

Pintar Membagi Waktu
Salah satu alasan utama mengapa mahasiswa takut merintis usahanya di bangku kuliah. Takut tidak bisa membagi waktu. Udah mahasiswa masa ga bisa membagi waktu sih Bos? Justru sekarang saatnya Bos belajar membagi waktu diantara semua kesibukan sebelum nanti terjun ke dunia kerja. Bos harus bisa menyeimbangkan akademis dan usaha yang Bos jalankan. Sibuk organisasi pun juga bukan halangan untuk merintis usaha Bos. Malah dengan ikut berorganisasi, hal ini bisa membantu usaha Bos sendiri. Caranya ya dengan mempromosikan ke teman-teman organisasi juga Bos. Pasti jadi kebanggan tersendiri Bos jika Bos bisa merintis usaha di tengah sibuknya kepanitiaan dan organisasi namun tidak menurunkan prestasi akademis. Kalau Bos bisa melewati ini semua, Bos patut dijadikan panutan bagi mahasiswa lainnya Bos.

 

Kreatif dan Inovatif
Ga hanya menjalankan usaha, tapi Bos harus mengembangkan usaha yang telah dirintis Bos. Kalau Bos ngga kreatif  dalam menjalankan usaha, pasti usaha milik Bos bakal kalah saing sama yang lain. Bos juga harus inovatif agar ngga ada yang bisa melangkahi usaha Bos sendiri. Sekarang ga jaman beli pulsa ke counter. Nah solusinya Bos bisa buka kios pulsa online 24 jam. Jadi pelanggan ga perlu jalan kaki buat beli pulsa karena Bos menyediakannya secara online 24 jam lagi. Kalau udah begini, pelanggan dijamin betah beli pulsa terus-terusan beli pulsa sama Bos.

 

Aktif Promosi
Jangan lupa untuk mempromosikan usaha biar bisa dikenal orang-orang Bos. Promosi bisa dilakukan di mana aja. Contohnya di sosial media. Ngga usah promosi besar-besaran Bos. Cukup bikin flyer sederhana yang bisa dibuat di aplikasi smartphone trus upload di semua sosial media yang Bos miliki deh. Bos juga harus memberitahukan ke teman kos, teman kuliah, juga keluarga mengenai usaha yang Bos jalankan dan meminta mereka untuk mempromosikan usaha Bos. Kalau ngga promosi, gimana usaha Bos mau maju?

 

Saatnya Mulai
Setelah semua persiapan sebelum merintis usaha sudah dilakukan, sekarang saatnya Bos bangkit dan mulai usaha Bos saat ini juga. Jangan langsung menyerah bahkan sebelum memulai ya Bos. Memulai sesuatu yang baru emang berat, tapi jika kita tidak memulai, kita tidak akan pernah tau hasilnya akan seperti apa Bos. Kita juga tidak akan pernah tau kesalahan dan tidak akan mencoba untuk memperbaikinya. Nah sebelum Bos terjun ke dunia bisnis yang sebenarnya, sekarang merupakan waktu yang tepat untuk memulainya Bos.

 

Jangan Berhenti Di Tengah Jalan
Satu hal yang sering terjadi pada orang yang tengah berjuang ialah mereka seringkali berhenti di tengah jalan. Bos jangan lakukan hal ini. Saat awal-awal merintis usaha, pasti akan banyak hambatan yang datang. Tapi ini bukan alasan untuk berhenti ya Bos. Bos harus melewati badai dan tetap meneruskan peluang bisnis yang sudah Bos mulai. Masa sudah sejauh ini mau menyerah gitu aja Bos?

 

Itu dia 7 tips dan trik jadi mahasiswa produkstif dengan penghasilan sendiri Bos. Jangan pernah menyia-nyiakan waktu ya Bos karena masa-masa perkuliahan merupakan saat yang tepat untuk mencoba hal baru sebelum akhirnya terjun pada dunia yang sebenarnya.

Share and like us:

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.