4 Kebiasaan Buruk Yang Perlu Dihindari Biar Ngga Bikin Tagihan listrik PLN Bengkak

4 Kebiasaan Buruk Yang Perlu Dihindari Biar Ngga Bikin Tagihan listrik PLN Bengkak

Tagihan, rata-rata orang ngga suka mendengar kata ini. Ya, siapa yang senang kalau ditagih hutang misalnya? Buat Bos yang sudah punya penghasilan tetap, biasanya harus punya tanggung jawab untuk melunasi tagihan, mulai tagihan air PDAM sampai tagihan kartu kredit. Lain halnya soal kebutuhan bulanan yang satu ini. Wajib hukumnya untuk memenuhi kebutuhan pembayaran tagihan listrik PLN rutin kalau rumah Bos tetap ingin dialiri arus listrik.

Bang Bos mau tanya dulu nih, menyoal tagihan listrik PLN yang setiap bulan harus dibayarkan, pernah ngga Bos mengalami kondisi tagihan pada bulan tersebut tarifnya berbeda jauh dibandingkan bulan-bulan yang sudah-sudah? Wah kalau sudah begini biasanya banyak orang mulai menyalahkan petugas listrik yang kurang teliti waktu mengukur arus listrik atau ada kerusakan pada listriknya.

Eitsss… padahal loh ya, bengkaknya tagihan listrik PLN yang Bos alami ini biasanya disebabkan oleh kebiasaan buruk yang suka dilakukan. Ini dia empat kebiasaan yang perlu dihindari Bos supaya tagihan listrik PLN jauh lebih manusiawi. Simak selengkapnya.

 

kebiasaan ini bikin tagihan listrik membengkakBang Bos yakin banyak diantara kita yang ngga paham kenapa wajib hukumnya untuk mencabut colokan listrik setelah selesai memakai suatu barang elektronik. Sebagian orang berpikir kalaupun alat tersebut tidak digunakan, aliran listrik tidak akan berjalan. Padahal sebenarnya meski alat elektronik tersebut telah mati tetapi jika colokan masih menempel maka listrik akan tetap mengalir. Alangkah lebih baik Bos biasakan diri untuk selalu mencabut colokan listrik setiap alat listrik tersebut sudah tidak digunakan lagi.

 

Penggunaan lampu yang berlebihan ini sering Bang Bos temui di banyak rumah, walaupun rumah yang Bang Bos kunjungi ini cukup terang di siang hari karena ada cahaya matahari masuk lewat jendela misalnya. Pemilik rumah seakan ngga peduli tetap menyalakan lampu. Yang satu ini namanya pemborosan Bos. Biasakan diri selalu mematikan lampu setiap mau keluar dari suatu ruangan. Jangan menyalakan lampu pada ruangan yang mendapat cahaya matahari langsung. Dengan melakukan tindakan ini Bos setidaknya sudah mengurangi tagihan listrik PLN yang membengkak.

 

Siapa yang suka craving for food kalau tengah malam bawaannya ingin buka tutup kulkas? Wah Bang Bos dulu jaman masih anak kosan sih gini ya, ngeliatin kira-kira masih ada makanan apa ya yang bisa dimakan. Atau ibu-ibu di rumah, habis belanja mingguan atau bulanan langsung simpan bahan makanan di kulkas bukanya terlalu lama. Kebiasaan ini justru bikin kulkas harus terpaksa menguras arus listrik lebih besar lagi untuk mendinginkan isi kulkas. Nah, karenanya Bos harus kurangi kebiasaan membuka kulkas ini supaya tagihan listrik PLN tetap pada jalur yang aman.

 

Pilihan lampu di rumah biasanya lampu pijar dan lampu LED. Biasanya satu rumah dilengkapi 6 lampu pijar supaya penerangannya maksimal. Ini yang perlu Bos tau, penggunaan lampu pijar itu justru bikin tagihan listrik PLN bengkak loh karena arus listrik yang dibutuhkan lebih besar. Cobalah beralih ke lampu LED karena lampu LED bisa menghemat listrik sampai 90% dengan intensitas penerangan yang lebih tinggi. Harganya juga terjangkau dan pastinya ngga akan bikin tagihan listrik PLN Bos jadi makin bengkak.

 

Sekarang udah tau kan Bos di mana letak kesalahan kenapa tagihan PLN tiap bulan terasa mahal? Biar bayar listrik ga makin mahal lagi, Bos jangan lupa bayarnya harus tepat waktu. Sekarang Bos ga perlu mengantri di loket untuk bayar listrik, sebelumnya Bang Bos udah pernah bagi-bagi info cara bayar PLN online. Lewat aplikasi BOSQU, Bos bisa tenang bayar tagihan listrik kapanpun dan di manapun Bos berada.

Share and like us:

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.