Lakukan Hal Ini Agar Tagihan Listrik Tidak Membengkak

Lakukan Hal Ini Agar Tagihan Listrik Tidak Membengkak

Siapa yang setiap bulan selalu kaget melihat tagihan listrik yang harus dibayar? Tenang, Bos ngga sendiri. Bang Bos juga suka sedih ngeliat tagihan litrik yang selalu membengkak huhuhu.

Listrik sudah menjadi kebutuhan primer Bos. Hampir semua alat elektronik menggunakan aliran listrik agar bisa menyala. Apalagi bagi gamer. Kalau tidak ada aliran listrik, gimana caranya bisa menghidupkan PC dan main game? Bagi pebisnis online, gimana caranya agar stay online ngejalanin bisnis mereka seperti bisnis voucher kalau gadgetnya low battery?

Nah sekarang Bos ngga perlu sedih lagi. Untuk bisa mengakali dan menekan biaya tagihan listrik, Bos bisa menerapkan langkah-langkah berikut di kehidupan sehari-hari.

 

Desain Rumah Hemat Energi
Ketika Bos sedang membangun rumah, pilihlah desain rumah yang mendapat pencahayaan serta sirkulasi udara yang baik. Misal dengan memilih desain rumah yang memiliki bukaan atau banyak jendela.

Dengan memiliki banyak jendela, hal ini bisa membantu Bos menghemat penggunaan lampu serta pendingin ruangan. Bos tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membayar lampu maupun pendingin ruangan tambahan. Jadi Bos ngga perlu bayar mahal lagi untuk beli token online PLN.

 

Tentukan Daya Listrik Sesuai Kebutuhan
Sebelum mengajukan pemasangan listrik di rumah, Bos harus menentukan kebutuhan listrik yang akan digunakan sehari-hari. Pihak PLN menentukan 17 golongan tarif, sedangkan untuk rumah tangga, tarifnya dibagi 3 yaitu, R1, R2, dan R3. Golongan ini nanti akan menentukan pemakaian dan biaya tagihan listrik yang harus dibayar. Makanya Bos dari sekarang mulai tentukan elektronik apa saja yang akan digunakan sehari-hari dan daya listrik per bulannya.

 

Cabut Colokan Jika Tidak Digunakan
Jangan lupa untuk selalu cabut stop kontak saat tidak digunakan Bos. Membiarkan colokan tetap terpasang di terminal meskipun sedang tidak digunakan membuat listrik terus mengalir. Selain itu hal ini juga beresiko membuat alat elektronik cepat rusak. Tidak jarang juga ada yang tersengat listrik karena lupa cabut colokan. Hii serem kan Bos. Parahnya, hal ini bisa memicu kebakaran. Jangan sampai deh Bos.

Dan juga jangan lupa untuk selalu matikan lampu dan elektronik ketika tidak digunakan Bos. Selain mengurangi pemakaian listrik dan memangkas tagihan, mematikan listrik saat tidak digunakan juga salah satu upaya hemat energi demi Bumi tercinta Bos. Catatan untuk Bos yang pasang WiFi di rumah, supaya ga boros pemakaian WiFi dan listrik, matikan WiFi di malam hari saat akan tidur dan ketika tidak digunakan ya Bos.

 

Gunakan Alat Elektronik Berdaya Kecil
Bos pasti banyak menggunakan alat elektronik rumah tangga untuk mengurus kegiatan di rumah. Seperti rice cooker, kulkas, mesin cuci, hingga microwave. Nah agar nanti ketika bayar listrik online PLN ngga membengkak, sebaiknya Bos memilih elektronik yang mempunyai daya kecil. Kan suka banyak tuh Bos barang elektronik yang memiliki variasi penggunaan daya listriknya. Apalagi ada banyak barang elektronik yang Bos pakai di rumah. Pastikan Bos jeli dalam memilih alat elektronik kalau tidak mau bayar tagihan listrik mahal.

Ganti lampu biasa dengan lampu LED. Meskipun terbilang sedikit mahal, namun penggunaan lampu LED dapat mengurangi penggunaan daya listrik, Bos. Lampu LED dengan merek tertentu berkapasitas 7 watt bisa setara dengan lampu bohlam berkapasitas 60 watt. Hemat energi kan Bos.

 

Atur Pemakaian Alat Elektronik
Gunakanlah alat elektronik sesuai kebutuhan Bos, jangan sering-sering karena ini berpengaruh pada tagihan di akhir bulan. Apalagi alat elektronik berdaya besar. Usahakan menggunakan elektronik ini sekali atau dua kali dalam seminggu.

Misalnya jangan menyetrika satu helai pakaian. Lebih baik pakaian ditumpuk terlebih dahulu baru deh saat akhir pekan mulai menyetrika semuanya Bos. Sama halnya dengan alat elektronik lainnya. Biasakan untuk menggunakan mesin cuci 3 kali sehari. Atau ketika pakaian yang dicuci dalam jumlah sedikit, lebih baik cuci dengan tangan saja. Cabut colokan dispenser dan gunakan air dingin yang disimpan di kulkas. Kalau butuh air panas, manfaatkan kompor dan simpan di dalam termos agar air tetap panas. Jangan memanaskan nasi dalam magic com lebih dari 12 jam. Selain boros listrik, nasi yang dipanaskan lebih dari 12 jam juga tidak baik dikonsumsi tubuh, Bos.

 

Beli Pulsa Listrik Sekali Sebulan
Bos yang menggunakan listrik prabayar, trik satu ini cukup membantu Bos. Penggunaannya sama degnan pulsa telpon dan paket internet. Saat pulsa akan habis, akan ada peringatan seperti alarm agar Bos segera mengisi token PLN online.

Saat-saat genting dan harus bayar tagihan listrik, Bos ngga perlu bingung lagi. Dengan aplikasi BOSQU, Bos bisa bayar online PLN. Bos bisa bayar tagihan PLN online ataupun beli token PLN online. Praktis kan Bos.

 

Dengan mempraktikkan langkah-langkah tadi, Bos bisa menekan penggunaan listrik bulanan. Biaya yang dikeluarkan tidak akan membengkak lagi dan Bos bisa semakin berhemat. Jangan boros  penggunaan energi ya Bos. Galakkan hemat energi mulai dari sekarang untuk Bumi dan keberlangsungan anak cucu kita di masa depan kelak.

Share and like us:

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.