7 Pola Hidup Sehat Yang Harus Diikuti Untuk Para Gamer

7 Pola Hidup Sehat Yang Harus Diikuti Untuk Para Gamer

Mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Kebayang kan Bos kalau udah sakit gimana repot check up dokter, tebus resep, banyak pantangan yang harus dihindari, dan treatment-treatment lainnya untuk kembali sehat. Sedari dini pola hidup sehat sudah harus diterapkan Bos. Ga mau kan nanti di penghujung usia malah sakit-sakitan karena di waktu muda lalai menjaga kesehatan. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan memperbaiki kebiasaan buruk kita Bos, misalnya kebiasaan saat main game.

Banyak banget anak muda yang saking keasikan main game malah ngga memperhatikan kesehatan mereka Bos. Padahal main game berjam-jam dan terlalu sering juga bisa mempengaruhi kesehatan kita Bos. Nah biar tetap sehat sambil main game, ada baiknya Bos mengikuti tips berikut ini.

 

Minum Air Putih
Air putih memiliki khasiat bagi tubuh. Hal ini dikarenakan air merupakan komponen terbesar dalam tubuh manusia. Air putih sendiri berperan sebagai pelarut, katalisator, pelumas, pengatur suhu tubuh juga penyedia mineral dan elektrolit. Kekurangan minum air putih bisa menyebabkan dehidrasi, kurang berkonsentrasi, rentan terkena infeksi kantung kemih, hingga menganggu fungsi ginjal, Bos. Untuk menghindari terkena batu ginjal sekaligus biar main game bisa fokus, Bos harus selalu menyediakan air putih saat bermain. Ingat selalu konsumsi air putih 2 hingga 3 liter per hari ya Bos supaya tubuh selalu sehat.

 

Makan Makanan Bernutrisi
Kalau udah asyik main game pasti lupa waktu deh. Sampai-sampai bisa menunda rasa lapar. Bos harus menghilangkan kebiasaan buruk ini ya Bos. Mengkonsumsi makanan bernutrisi sangat penting untuk mencukupi asupan gizi di tubuh kita Bos. Apalagi Bos yang sering berjam-jam main game di depan laptop, ini pasti akan sangat berpengaruh terhadap penglihatan kita Bos. Apalagi main game kan butuh mikir juga, pasti butuh protein untuk meningkatkan kemampuan otak kita. Mulai sekarang, Bos harus memperhatikan makanan yang masuk dalam tubuh. Hindari junk food. Makanlah makanan sehat sekaligus bernutrisi tinggi Bos. Juga sediakan camilan sehat saat main game, seperti gandum dan kacang-kacangan.

 

Pemanasan Sebelum Main Game
Sama seperti olah raga pada umumnya, Bos juga perlu pemanasan sebelum mulai bejam-jam duduk dan main game. Cukup pemanasan ringan saja Bos. Mulai dengan memutar kepala ke kiri dan ke kanan, melemaskan tangan dan juga jari-jari. Bos juga bisa berlari kecil di sekitar ruangan. Selain pemanasan sebelum bermain game, Bos juga memanfaatkan jeda waktu loading untuk meregangkan otot. Dari pada ga ngapa-ngapain nunggu game loading, Bos bisa push up atau sekedar joget. Jangan lupa untuk menggerakkan badan ya Bos!

 

Posisi Bermain Yang Ideal
Posisi bermain mempengaruhi performa selama bermain sekaligus mempengaruhi kesehatan, Bos. Posisi duduk yang salah bisa mengganggu kesehatan tulang belakang Bos. Mulai sekarang atur posisi duduk yang benar. Posisi kepala belakang, lipatan dagu, telinga, pinggul, dan bahu harus sejajar dan lekukan siku membentuk posisi 90 derajat. Sesuaikan dudukan kursi dengan tinggi pinggang dan menyangga tulang belakang sepenuhnya. Telapak kaki menempel di lantai serta pinggul dan paha membentuk sudut 90 derajat, dengan telapak kaki menempel lurus di lantai. Posisi ideal bin wenak ini dijamin bikin Bos betah berlama-lama main game.

 

Istirahat Yang Cukup
Sediakan waktu untuk istirahat Bos. Apalagi jika mata dan kepala sudah terasa berat. Jangan paksakan untuk tetap bermain jika tubuh sudah mengirimkan sinyal tanda kelelahan Bos. Istirahatlah setiap 15 menit saat Bos bermain. Bos bisa merilekskan otot, berjalan-jalan dan menyegarkan mata dengan melihat objek hijau. Jika masih belum cukup, segeralah tidur Bos. Dijamin ketika bangun, Badan sudah kembali segar deh.

 

Atur Jarak Pandang
Aturlah jarak pandang dengan monitor. Idealnya jarak mata dan layar PC ialah 50-100 cm Bos. Mata akan cepat lelah jika mata terlalu dekat dengan layar. Agar lebih aman, Bos bisa memasang screen protector untuk mengurangi pancaran radiasi dari layar monitor ke mata, sehingga mata tidak cepat lelah saat main game Bos. Jangan lupa atur kecerahan layar. Jangan terlalu cerah atau terlalu gelap agar tidak kesulitan melihat monitor  Bos.

 

Ingat Waktu
Pasti Bos suka lupa waktu kalau udah asyik melakukan hal yang digemari. Jadilah bijak dengan tidak main game terus-terusan Bos. Pasang timer agar Bos tidak kebablasan saat bermain. Ada banyak kegiatan lain yang ga kalah penting yang harus Bos kerjakan sekadar main game.

 

Tujuh tips ini bisa Bos terapkan agar badan tetap sehat meski berjam-jam bermain game online Bos. Dan jangan lupa. Bos harus mempersiapkan voucher game untuk agar bermain tetap lancar dan meningkatkan kualitas bermain. Voucher game online lengkap bisa Bos dapatkan di BOSQU!

Share and like us:

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.